ilmu manajemen

Hubungan Financial Leverage,ROE dan EPS

Posted on: 16 Maret 2009


Author : Sulistiyono.SE

Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya memerlukan dana yang cukup agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Perusahaan yang kekurangan dana akan mencari dana untuk menutupi kekurangannya akan dana tersebut. Dana tersebut bisa diperoleh dengan cara memasukan modal baru dari pemilik perusahaan atau dengan cara melakukan pinjaman ke pihak di luar perusahaan. Apabila perusahaan melakukan pinjaman kepada pihak di luar perusahaan maka akan timbul utang sebagai konsekuensi dari pinjamannya tersebut dan berarti perusahaan telah melakukan financial leverage. Semakin besar utang maka financial leveragenya juga akan semakin besar. Berarti resiko yang dihadapi perusahaan akan semakin besar karena utangnya tersebut.

Pembiayaan dengan utang atau leverage keuangan memiliki tiga implikasi penting, yaitu:

1. Memperoleh dana melalui utang membuat pemegang saham dapat mempertahankan pengendalian atas perusahaan dengan investasi yang terbatas.

2. Kreditur melihat ekuitas atau dana yang di setor pemilik untuk memberikan marjin penganggaran, sehingga jika pemegang saham hanya memberikan sebagian kecil dari total pembiayaan, maka risiko perusahaan sebagian besar ada pada kreditur.

3. Jika perusahaan memperoleh pengembalian yang lebih besar atas investasi yang dibiayai dengan dana pinjaman di banding pembayaran bunga, maka pengembalian atas modal pemilik akan lebih besar atau leveraged.

Financial levarage dianggap menguntungkan apabila laba yang di peroleh lebih besar dari pada beban tetap yang timbul akibat penggunaan utang tersebut. Financial leverage di anggap merugikan apabila laba yang diperoleh lebih kecil dari pada beban tetap yang timbul akibat penggunaan utangnya tersebut

Dalam menanamkan investasinya perusahaan mengharapkan pengembalian yang maksimal dari investasinya tersebut. Penggunaan utang dalam investasi sebagai tambahan untuk mendanai aktiva perusahaan diharapkan dapat meningkatkan keuntungan yang akan diperoleh pemilik perusahaan dibandingkan hanya dengan menggunakan modal sendiri yang jumlahnya lebih terbatas. Apabila aktiva perusahaan dikelola dengan baik dan maksimal maka laba yang akan di dapat menjadi maksimal pula, karena aktiva perusahaan digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan operasional perusahaan yang tujuannya untuk menghasilkan laba.

Meningkatnya penggunaan utang oleh perusahaan maka akan mengakibatkan aktiva perusahaan juga meningkat. Dengan meningkatnya aktiva perusahaan maka diharapkan laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga akan meningkat. Apabila laba perusahaan tersebut meningkat maka return on equity (ROE) juga akan meningkat. Di samping itu pula financial leverage juga mengalami kenaikan akibat dari meningkatnya penggunaan utang oleh perusahaan tersebut. Return on equty (ROE) merupakan hasil pengembalian atas ekuitas pemegang saham dengan mengukur laba yang diperoleh terhadap nilai bukunya. Hal ini sangat penting menyangkut kepada para investor dan pihak kreditur sebagai dasar pengambilan keputusan. Jika ingin melakukan investasi pada suatu perusahaan investor atau calon investor memerlukan informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang di lihat dari retun yang diterima oleh investor dan melihat bagaimana perusahaan tersebut mengelola aktivanya. Pihak manajemen perusahaan yang melakukan financial leverage akan di lihat oleh investor dan calon investor dalam mengelola dananya tersebut. Apabila dana tersebut bisa dikelola dengan baik maka akan dapat meningkatkan laba yang di peroleh dan berarti return yang dihasilkan akan meningkat pula. Hal ini akan di lihat pula oleh para kreditur untuk menentukan kebijakan dalam menyalurkan dananya.

Selain return on equity (ROE) laba juga berdampak pada earning per share (EPS), yaitu apabila labanya naik maka earning per share (EPS) juga akan naik. Earning per share (EPS) merupakan hasil yang di peroleh pemegang saham untuk setiap lembar saham biasa yang beredar. Earning per share (EPS) merupakan hal yang diperhatikan oleh para calon investor sebab para calon investor dapat mengetahui berapa banyak laba yang bisa di peroleh atas kepemilikan sahamnya pada perusahaan tersebut. Pihak manajemen perusahaan mengunakan financial leverage dengan tujuan agar labanya menjadi meningkat, dengan meningkatnya laba maka earning per share (EPS) akan meningkat pula. Apabila pihak manajemen bisa mengelola dengan baik financial leveragenya agar dapat mencapai tingkat laba yang diharapkan sehingga return yang diterima per lembar sahamnya menjadi meningkat maka itu akan menjadi suatu bahan untuk pengambilan keputusan bagi para calon investor agar bersedia menanamkan investasinya pada perusahaan tersebut.

Dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa financial leverage dengan ROE dan financial leverage dengan EPS mempunyai hubungan. Meningkatnya penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan mengakibatkan total aktiva perusahaan menjadi meningkat. Aktiva perusahaan digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan operasional perusahaan yang tujuannya untuk menghasilkan laba. Maka dengan meningkatnya aktiva perusahaan diharapkan laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga akan meningkat pula. Dengan meningkatnya laba berarti return atau pengembalian terhadap ekuitas (ROE) juga akan meningkat, disamping itu pula financial leverage juga mengalami peningkatan akibat dari meningkatnya penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan. Sebaliknya apabila penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan turun maka total aktiva perusahaan menjadi turun. Dengan menurunnya aktiva perusahaan maka laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga akan menurun. Dengan menurunnya laba berarti return atau pengembalian terhadap ekuitas (ROE) juga akan menurun, disamping itu pula financial leverage juga mengalami penurunan akibat dari menurunnya penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

EPS sama halnya dengan ROE, yaitu apabila penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan meningkat maka mengakibatkan total aktiva perusahaan menjadi meningkat. Aktiva perusahaan digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan operasional perusahaan yang tujuannya untuk menghasilkan laba. Maka dengan meningkatnya aktiva perusahaan diharapkan laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga akan meningkat pula. Dengan meningkatnya laba berarti earning per share (EPS) juga akan meningkat, disamping itu pula financial leverage juga mengalami peningkatan akibat dari meningkatnya penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan. Sebaliknya apabila penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan turun maka total aktiva perusahaan menjadi turun. Dengan menurunnya aktiva perusahaan maka laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga akan menurun. Dengan menurunnya laba berarti earning per share (EPS) juga akan menurun, disamping itu pula financial leverage juga mengalami penurunan akibat dari menurunnya penggunaan utang yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Lebih lengkapnya download artikelnya :

Hubungan Financial Leverage,ROE dan EPS

Click Here to Advertise on My Blog
Upload, Share dan Earn to ziddu.com

2 Tanggapan to "Hubungan Financial Leverage,ROE dan EPS"

Tq mas artikelnya, slm kenal dri sy, mas bs ksi info ttg “perkembangan manajemen operasi” ditggu ya mas di amang_bgi@yahoo.com mksh sblmnya.

Earning Per Share sejatinya meningkat dengan meningkatnya laba perusahaan. Jadi, meningkatnya aktivitas penggunaan utang belum tentu berbanding lurus dengan EPS. Bisa saja perusahaan aktiv melakukan aktivitas, namun dalam operasinya ternyata mengalami kerugian, tentu EPS tidak akan naik. Jadi Earning Per Share sejatinya meningkat dengan meningkatnya laba dan BUKAN karena meningkatnya aktivitas penggunaan utang.
Info harga mobil, please visit web mobil bekas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

berteriaklah lantang jika dunia ingin melihatmu singkirkan rasa takutmu jika kau inginkan perubahan yakinlah kau bisa jika oranglain ingin percayai dirimu... karena aku adalah sang inovator....

Laman

Pengunjung Blog

  • 1,129,503 hits

Google Page Rank

%d blogger menyukai ini: